lailahaillawlah

lailahaillawlah
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatu

Sabtu, 13 Oktober 2007

Ilmu Berdzikir


Assalamualiakum Wr Wb
Mungkin temen-temen sudah pernah mendengar kalimat dzikir atau wiridan,menurut pemahaman saya sendiri ,Berdzikir adalah suatu bacaan atau amalan yang diucapkan atau dibaca berulang-ulang kali sampai batasan yang ditentukan atau tanpa batasan,mungkin itu pemahaman saya tapi mungkin berbeda dengan temen-temen,dalam islam sendiri kita dianjurkan untuk selalu berdzikir ,walaupun pada saat berdiri,berjalan,duduk,dan usahakan dalam setiap keadaan kita selalu mengingat Allah SWT,
Nabi Muhammad SAW pernah berkata kepada Ali bin abi thalib: Wahai Ali pejamkanlah kedua matamu,katupkanlah kedua bibirmu dan naikkanlah lidahmu,lalu ucapkanlah ALLAH.Dari perkataan nabi,dapat kita dapat simpulkan bahwa Nabi Muhammad mengajarkan kepada Ali Bin Abi Thalib tentang bagaimana cara berdzikir yang benar .
-] dalam berdzikir usahakan kita menutup mata.karena dengan menutup mata kita bisa berkonsentrasi dan terhindar dari gangguan yang ada di sekitar kita.
-]dalam mengucapkan amalan berdzikir harus jelas ,tapi tidak perlu terlalu keras yang penting kita bisa menghayati dengan hati kita sampai akhirnya hati /Qolbu kita tersentuh dan bertambahlah iman kita dan kita semakin bertambah yakin kepada Allah SWT.
-]dalam berdzikir tidak perlu terlalu lama ,semampu kita,tapi menurut pemahaman saya kebanyakan orang-orang yang memiliki keimanan yang kuat pasti berdzikirnya dalam waktu yang lama,karena dalam dirinya selalu ingin dekat dengan Allah SWT.
-]dalam berdzikir usahakan kita tidak perlu menghitungnya amalan yang kita baca,karena orang yang melakukan penghayatan dalam dzikirnya tidak memperdulikan sudah seberapakah banyak amalan yang dibaca karena mungkin dapat mengganggu konsentrasi.
-]dalam berdzikir kita harus paham atau mengerti tentang amalan yang kita baca,seperti:Subkhanawlah<maha suci Allah>,jadi agar kita sendiri lebih bisa mengerti dan memahaminya.

Dan bila kita sering berdzikir hati kita akn terasa tenang dan bertambahnya Makrifatullah kita kepada Allah SWT.Mungkin hanya ini penjelasan yang dapat saya sampaikan,saya berharap temen-temen semua dapat menjadi orang yang berakhlak mulia,Amiiiinnn!!!!
Wassalamualaikum Wr Wb

1 komentar:

Ahli Silsilah mengatakan...

afwan..setelah membaca tulisan dari saudaraku ini,ijinkan saya memberi masukkan,bahwa di dalam menjalankan suatu ibadah haruslah disertai dengan ilmu yang benar.ilmu tentang zikir hanyalah diajarkan secara orisinil dan istiqomah oleh para ahli silsilah dalam tarekat yang mu'tabaroh.. silakan cari mursyid yang bisa menyampaikan pengajaran tersebut.saya yakin mas wildan akan merubah tulisan anda sesuai dengan pengetahuan yang benar dari sang mursyid..salam

My Friend's Fourelience

My Friend's Fourelience

Indahnya Suara Al-Qur'an :)